ProDaily, JAKARTA – Berawal dari sebuah grup komunitas informal di WhatsApp, Synergy Developer Indonesia telah berkembang tidak hanya sebagai komunitas developer, melainkan melebar ke semua industri turunan properti termasuk perbankan, bahan bangunan, arsitek, interior desain, dan resto dalam payung Synergy Indonesia.
Enam tahun bertumbuh, mengakar dan memberi manfaat pada masyarakat, Synergy Indonesia bertransformasi secara resmi menjadi Yayasan Synergy Bangun Indonesia pada Jumat, 7 Maret 2025. Peresmian itu bertepatan dengan acara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Synergy Indonesia ke-6 di Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta.
“Perjalanan itu telah melahirkan lebih dari sekadar wadah bagi para pengembang properti untuk berjejaring. Ia menjelma menjadi ruang bisnis, hobi, dan kepedulian sosial. Di sini tidak ada sekat. Semua orang datang bukan sebagai bos besar, tetapi sebagai individu yang ingin berbagi pengalaman dan peluang serta melakukan aksi sosial,” jelas Ismet Natakarmana, Founder Synergy Indonesia kepada wartawan.
Ditambahkannya, membangun komunitas yang anggotanya mayoritas para pemilik bisnis tentu bukan perkara mudah. Dibutuhkan pendekatan yang berbeda, dimana tidak boleh ada kesan birokratis atau kaku. Yang ada adalah obrolan santai, dan dilakukan di sela-sela kesibukan para anggota.
“Satu hal yang diyakini adalah bahwa dunia telah berubah. Jika dulu orang cenderung ego-sentris dalam berbisnis, kini eranya sudah bergeser ke komunitas-sentris. Kita bangun kolaborasi,” tegas Ismet.
Saat ini, Synergy Indonesia telah memiliki 18 sub-komunitas dan akan terus berkembang. Menurut Ismet, sejak awal, tujuan komunitas ini adalah membuat anggota bahagia dan aktif berbagi. Komitmen berbagi ini bukan sekadar wacana, karena setiap tahun Synergy Indonesia aktif dalam berbagai kegiatan sosial, dari membantu panti asuhan hingga berbagi makanan saat bulan Ramadan.
Tahun ini, komunitas sinergi itu menargetkan mendistribusikan 30 ribu nasi bungkus di wilayah Jabodetabek selama bulan Ramadan 2025.
Dengan visi “Menjadi Komunitas yang Transparan, Profesional, Dan Berkolaborasi untuk menciptakan Manfaat Bersama dan Memberikan Dampak Positif Bagi Masyarakat”, Yayasan Synergy Bangun Indonesia bertekad untuk terus berkembang dengan misi sebagai collaboration platform yang memungkinkan anggota untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, dan sumber daya secara efektif.
Ismet Natakarmana sebagai Founder Synergy Indonesia didaulat menjadi Ketua Dewan Pembina Yayasan Synergy Bangun Indonesia, didampingi dewan pembina lainnya seperti Suroso Ariel A J, Doddy A. Tjahjadi, dan Hari Ganie. Sedangkan Royanto Handaya sebagai Dewan Pengawas, serta Ketua Yayasan dipercayakan kepada Ishak Chandra didampingi Ali Tranghanda sebagai Sekretaris Jenderal dan Megawati Hamid sebagai Bendahara.
“Masih banyak nama-nama besar di dunia properti yang bersinergi dengan pengurus inti untuk bersama membangun keberlanjutan yayasan ini,” jelas Ismet.
Usung Sinergi Hijau
HUT ke-6 ini Synergy Indonesia mengusung tema “Green Synergy in Harmony” yakni sebuah refleksi tentang pentingnya keberlanjutan dalam industri properti dan turunannya.
“Kita ingin para pengembang mendukung konsep green sustainable. Makanya, tema perayaan tahun ini adalah jungle. Artinya, kita harus menjaga keseimbangan antara manusia, alam, dan makhluk hidup lainnya,” jelas Ismet.
Pelaksanaan acara ini juga didukung penuh oleh para pengurus yayasan, meski dalam kesehariannya mereka sudah disibukkan dengan bisnisnya masing-masing. Ali Tranghanda yang mengikuti perjalanan Synergy Indonesia sejak awal, dipercaya sebagai koordinator perayaan acara ini. Kesehariannya sebagai konsultan properti dari Indonesia Property Watch (IPW) tidak menyurutkan niatnya untuk membantu secara sukarela.
Dalam penataan lansekap dan desain layout dikomandoi Monika Indriasari seorang masterplanner dan Direktur Townland International yang piawai menata sebuah acara menjadi lebih asri dan unik.
Pelaksanaan acara dimeriahkan dengan antusias para Lady Leaders Synergy untuk mengisi acara yang dimotori Juanita A. Luthan, Chief Consumer Officer PT Bank Nationalnobu Tbk (NobuBank) dan Ayu Pertiwi (Vice President Bank Mandiri).
Soegimitro, Pakar Digital Branding yang juga owner dan CEO PT ZEM Inovasi Global tidak ketinggalan ikut membantu tim multi media untuk memberikan nuansa digital yang apik di sepanjang acara.
Acara ulang tahun Synergy Indonesia ini disponsori oleh Roman Ceramic dan Onassis sebagai sponsor utama, juga DecoGress, Spring Air, KB Bank, dan Bank Mandiri. Selain itu puluhan perusahaan dari material bahan bangunan turut serta mendukung acara ini.
Di perayaan ini, juga diadakan lelang untuk 19 barang termasuk lukisan, patung, dan barang kreatif lainnya yang sebagian akan didonasikan untuk kegiatan sosial. Kegiatan sosial ini juga didukung oleh Shamara, Djon and Rose, dan Fuguku. (aps)