ProDaily, JAKARTA – Linktown Indonesia kembali melebarkan sayap bisnis. Kali ini, platform properti yang menjadi penghubung konsumen dengan developer terbaik di Indonesia tersebut membuka kantor cabang di Bandung, Kamis (2/5/2024).
Swandy Sutanto, Founder & Vice President Linktown mengatakan pembukaan kantor cabang di Bandung lantaran Kota Kembang tersebut menawarkan peluang bisnis yang cukup besar, baik dari sisi omset penjualan maupun pengembangan ke arah branding positioning Linktown.
“Kami cukup banyak menerima permintaan dari konsumen di area Bandung, sehingga kami coba melakukan analisa. Sebenarnya kami sudah melakukan aktivitas bisnis selama setahun belakangan ini di Bandung, tetapi baru memutuskan membuka kantor setelah hasil analisa kami cukup memuaskan,” ujar Swandy lewat keterangan persnya, Jumat (3/5).
Adri Leorensius, Head Region Linktown Bandung menjelaskan, Kota Bandung dan sekitarnya memiliki karakteristik konsumen yang berbeda dengan Jabodetabek, karena daya beli cukup tinggi dan banyak developer lokal yang aktif bergerak di sini.
“Dengan berkembangnya infrastuktur seperti Kereta Api Cepat Jakarta – Bandung (Whoosh), ditambah posisi Bandung sebagai kota pariwisata, bukan hanya pasar Bandung saja yang bisa kami raih, tetapi juga pasar luar Bandung termasuk Jakarta, khususnya para investor yang berharap mendapatkan return on investment (ROI) yang baik,” papar Adri Leorensius.
Untuk menggarap properti Bandung, Linktown menggunakan kekuatan digital marketing, terutama dengan konten-konten menarik yang diciptakan melalui platform Meta. Bahkan, akun Instagram @linktown.bandung telah menjangkau lebih dari tiga juta akun. Di sisi lain, Linktown juga mengembangkan website linktown.co.id yang memiliki kemampuan untuk menjangkau pasar yang berbeda dengan platform Meta.
“Semua ini bisa menghasilkan leads yang berkualitas. Oleh karena itu, kami siap berkolaborasi dengan semua developer di Bandung dan sekitarnya untuk meningkatkan penjualan secara signifikan melalui cara Linktown,” katanya.
Linktown juga mempunyai sales force yang bisa membantu para konsumen untuk menentukan rumah pilihan hingga membantu proses KPR. Saat ini total property agent di Bandung sekitar 20 orang dan akan terus bertambah.
Capai Target
Di kesempatan tersebut, Ernesto Prakasa Sadriman, VP Business Development Linktown menerangkan, dengan pembukaan kantor cabang di Bandung, ada beberapa target yang ingin dicapai.
Pertama, menguasai pasar Bandung dan sekitarnya, dengan cara berkolaborasi dengan semua developer Bandung dan meningkatkan eksistensi Linktown. Kedua, meningkatkan omset penjualan Linktown di Bandung. Ketiga, terus mencoba menguasai pasar secondary di Bandung.
“Keempat, kami juga sedang mempersiapkan strategi baru untuk pengembangan pasar mortgage dari sisi take over, top up, dan multiguna yang akan bekerja sama dengan pihak bank rekanan dengan menggunakan kekuatan website linktown.co.id,” terangnya.
Sementara itu, Juniarki Davin, Founder dan Vice President Linktown mengungkapkan, saat ini sudah ada beberapa pengembang besar yang bekerja sama dengan Linktown. Sebut saja Kota Baru Parahyangan, Summarecon Agung, dan Agung Podomoro. Linktown juga sudah bekerja sama dengan lebih dari 20 developer lokal di Bandung.
“Untuk kantor cabang Bandung, kami optimistis bisa mencetak revenue sebesar Rp200 miliar setiap tahun. Sementara target revenue Linktown tahun 2024 setelah pembukaan kantor cabang di Bandung berkisar Rp3,1 triliun,” jelas Juniarki.
Tahun ini, Linktown berencana membuka kantor cabang baru di tiga kota besar, seperti di Makassar, Medan, dan Denpasar. Saat ini Linktown tengah melakukan analisa dengan mencoba memulai pemasaran di Makassar, untuk mengetahui potensi bisnis di Kota Anging Mammiri tersebut.
Linktown Indonesia berdiri pada awal tahun 2020 di bawah PT Asia Rumah Utama. Linktown didirikan oleh lima orang profesional yang memiliki latar belakang property marketing dan digital marketing dengan tujuan Menjadi Perusahaan Media Advertising & Digital Marketing Properti terbesar di Indonesia.
Tim Linktown terus bertambah dan berkembang hingga ke berbagai kota di Indonesia. Kini, Linktown sudah mempunyai lebih dari 300 tim sales force yang memasarkan lebih dari 30 proyek developer terbaik di Indonesia.
Beberapa prestasi sukses ditorehkan Linktown, seperti Top Agent di Sinar Mas Land tiga tahun berturut-turut (2021 – 2023) serta Top Principal Property Agent dari Podomoro Park Bandung tahun 2022. (aps)